Jumat, 21 September 2012

asal usul internet

Selama ini kita mengenal internet dan browser sebagai jaringan informasi yang luas dan mendunia. Secara umum internet adalah suatu rangkaian computer yang menyambung pada suatu jaringan telekomunikasi. Tapi taukah kalian darimanakah internet itu bersal/darimanakah asal usul internet itu ? Untuk lebih jelasnya lihat sejarah internet di bawah ini !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Sejarah internet dimulai pada tahun 1969 di departemen pertahanan Amerika. Ketika itu departemen tersebut mengadakan suatu riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk suatu jaringan organic. Program riset tersebut lebih dikenal dengan ARPANET. Pada tahun 1970 telah berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer sehingga membentuk jaringan telekomunikasi secara LAN. Dua tahun kemudian, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang diciptakannya untuk ARPANET.
Program e-mail ini sangatlah muda cara penggunaannya sehingga langsung meluas. Pada tahun 1973 ARPANET mulai mengembangkan jaringan ini sehingga meluas keluar amerika. Pada tahun yang sama ahli computer yang bernama Vinton Cerf dan wakilnya yang bernama Bob Kahn mempunyai suatu gagasan yang lebih besar dan menjadi cikal bakal internet.
Hari bersejarah pada dunia internet adalah tanggal 26 Maret 1976 dimana jaringan ARPANET telah menyebar di seluruh dunia. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama kali dan diberi nama USENET. Pada tahun 1981 di france Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Pada tahun 1982 dibentuklah Transmission Control Protokol (TCP) dan Internet Protokol (IP) untuk yang pertama kali. Sementara itu di eropa telah muncul jasa jaringan computer di Negara-negara maju, Jaringan ini dikenal dengan nama EUNET sehingga jaringan tidak hanya berasal dari amerika saja. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan yang telah ada, Pada tahun 1985 maka alamat anggota jaringan mulai menggunakan alamat dengan akhiran .com. Sehingga pada tahun 1987 komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, antarsesama computer mulai sudah dapat mengobrol atau chatting. Karena itu Jarko OIkarinen dari finlandia berhasil mengenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian jumlah computer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www (Word Wide Web).
Tahun 1992, Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan yang sudah melampaui sejuta computer. Dan di tahun 1994 situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. Dan pada tahun ini juga Yahoo didirikan. Setahun kemudian internet sudah menjadi jalur dimana suara, gambar, bisa streaming sekaligus. Dan pada tahun 2000 situs internet sudah melebihi 21,1 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar